Minggu, 16 September 2012

Top 5: Klub Terkaya Di Eropa


Deloitte telah mengeluarkan laporan tahunan pendapatan klub sepakbola Eropa, atau yang dikenal dengan istilah Football Money League, dan dua raksasa Primera Liga Spanyol Real Madrid dan Barcelona memperpanjang dominasi mereka.
Manchester United tetap menjadi klub terkaya di Liga Primer Inggris mengungguli lima klub Inggris lainnya yang juga berada di 20 besar, tetapi mereka tetap berada di bawah Madrid dan Barcelona.

Real Madrid berhasil mengamankan posisi puncak untuk ke-7 kalinya secara beruntun dengan musim ini, sementara tujuh besar tetap tidak berubah dari musim 2009/2010.

Sementara itu, debut Tottenham di kompetisi Liga Champions, di mana mereka berhasil melaju hingga perempat-final, membuat pendapatan mereka naik hingga 36 persen dari sebelumnya menjadi £163.5 juta.

Direktur Grup bisnis olahraga di Deloitte, Alan Switzer, mengatakan: "Spurs akhir-akhir ini telah menerima perencanaan untuk mengembangkan stadion baru, ditambah dengan performa mereka yang bagus, mereka dapat menembus posisi sepuluh besar secara reguler di masa depan. Sementara itu, Arsenal meninggalkan sedikit keraguan terkait dengan peningkatan pemasukan tiket pertandingan dari pengembangan stadion baru."
Tottenham melampaui pencapaian Manchester City, yang tergusur ke posisi 12, tetapi City diperkirakan akan kembali menembus sepuluh besar di musim depan setelah bermain di Liga Champions tahun ini.

Dibawah ini ialah daftar klub dengan pendapatan tertinggi :

(1)  Real Madrid FC

Real madrid masih memonopoli penhargaan "Money League" untuk yang ke-7 kalinya selama 7 tahun terakhir. Dengan meningkatnya peforma serta nilai komersialnya pendapatan mereka naik sampai dengan 9,6 persen dari sebelumnya. Bahkan mereka mengalahkan musuh bebuyutannya yakni Barcelona yang berada di peringkat 2.

(2) Barcelona FC



Barcelona terus membentuk rivalitasnya terhadap musuh abadinya yaitu Real Madrid. Bukan hanya soal meraih gelar tetapi juga dalam soal pendapatan. Tahun ini, selisih total pendapatan Barcelona dengan Manchester United yang berada di peringkat 3 meningkat sangat tajam, yaitu dari €48.3 juta pada tahun 2009/10 menjadi €83.7 juta di tahun 2010/11. Terjalinnya kerja sama dengan Qatar Foundation membuat pendapatan Barcelona meningkat secara signifikan, dan dengan situasi tersebut posisi Barcelona diperkirakan akan semakin kokoh di tahun depan.

(3) Manchester United FC

Meski musim kemarin United gagal mempertahankan gelar juara premier english dan gagal mendapatkan gelar liga champion, namun secara komersial, kerja sama dengan Aon dan Nike, terus membuahkan hasil. 27 persen pendapatan didapatkan dari sana. Bagaimanapun juga, duopoly hak siar di Spanyol untuk Madrid dan Barcelona membuat United selalu kalah langkah dari saingannya tersebut.

(4) Bayern Munchen FC

Klub raksasa Jerman ini tetap menduduki posisi empat besar, namun apabila dibandingkan dengan musim lalu, pencapaian mereka dapat dibilang mengecewakan. Kegagalan menjuarai Bundesliga Jerman musim lalu dan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions membuat beberapa pos pendapatan mereka berkurang. Namun, pendapatan dari sponsor dan merchandise meningkat sebesar tiga persen dan pendapatan tiket juga meningkat delapan besar menyusul revisi harga. Pada tahun ini, pendapatan Munich diperkirakan semakin meningkat.

(5) Arsenal FC

Pendapatan Arsenal dalam kurs mereka tercatat meningkat sedikit di tahun sebelumnya, namun dalam fluktuasi nilai tukar mata uang, pendapatan mereka menurun sebesar 8,4 persen dalam kurs Euro. Enam musim beruntun puasa gelar juara membuat Arsenal mengejar pendapatan dari tiket dan hak siar, dan kerja sama jangka panjang dengan Emirates hanya menyumbangkan 20 persen dari total pendapatan mereka. Strategi untuk meraih pendapatan harus ditingkatkan dan mereka harus berusaha tetap bertahan di Liga Champions untuk dapat tetap menempati posisi lima besar tahun depan.


0 komentar:

Posting Komentar