Minggu, 16 September 2012

Sejarah Bola Basket

Sejarah Bola Basket



Permainan bola basket merupakan salah satupermainan bola besar seperti halnya sepak bola dan voli. Permainan bola basket ditemukan oleh Dr, James Nainsmith.
Ia adalah seorang pastor dari Kanada, sekaligus sebagai pengajar di sekolah YMCA (Young Men Christian Association) di Springfield, Massacussets. Awalnya ia mendapat tantanga oleh Dr.Luther Hallsey Gullick untuk menciptakan suatu permainan baru yang dilakukan dalam ruangan, mudah dimainkan, dan menarik.
Lalu Smith mulai mencoba permainan dengan sasaran keranjang, lalu ia namakan 'basketball'.

Pada tahun 1924 Basketball di demonstrasikan pada ajang Olimpiade di Prancis. Permainan ciptaannya mendapat sambutan baik dari direktur sekolah olahraga di Jeneva, Sehingga digelar konferensi pertama pada tanggal 21 Juni 1932. Hasil akhirnya ialah terbentuknya Federasi Bola Basket Internasional atau yang lebih dikenal dengan Federation Internationale de Basketball Ameteur. Di Indonesia juga terdapat federasi bola basket yang bernama PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

Peraturan dalam permainan Basket

(1) Ukuran Bola

Bola berbentuk bulat, terbuat dari karet, atau dari bahan sintetis lainnya. Diameternya 75-78 cm dan beratnya 567-650 gram


(2) Ukuran Lapangan

Lapangan berbentuk persegi panjang dengan panjang 26cm dan lebar 14cm. Diameter lingkaran tengah 3,6 Meter dan panjan garis daerah 1,2 Meter

(3) Ukuran Ring dan Papan Pantul

Ukuran papan 1,05m x 1,8m dan kotak/persegi kecil di tengah 45cm x 59cm
Jarak papan ke lantai kira-kira 3 meter
Tinggi ring dari lantai kira-kira 3meter-3,1meter
Panjang ring 40cm-45cm

0 komentar:

Posting Komentar